skip to Main Content

Kuliah Umum Sastra Jepang “Senayan Square”

Pusat Studi Jepang Fakultas Sastra Universitas Al Azhar Indonesia kembali mengadakan kuliah umum pada hari Jum’at, 1 Juni 2012. Pada kuliah yang bertajuk Proyek ‘Senayan Square’ ini diawali dengan membaca basmalah, pembacaan ayat suci Al Qur’an serta sambutan dari Dekan Fakultas Sastra Bapak Drs. H. Murni Djamal, M.A. Tampil sebagai pembicara yakni Bapak Shuichi Ohishi, selaku Presiden Direktur PT. Senayan Trikarya Sempana (STS). PT. Senayan Trikarya Sempana sendiri merupakan perusahaan joint venture dari Kajima Corporation, yang bergerak di bidang property development.

Indonesia saat ini berpopulasi penduduk sekitar 240 juta jiwa dan 60% dari jumlah total tersebut bermukim di pulau Jawa. Dan keberadaan Jakarta sebagai Ibukota Negara, membuat bisnis pengembangan properti dapat berkembang baik. Lebih lanjut, Bapak Shuichi menjelaskan mengenai proyek yang dikerjakan oleh PT. Senayan Trikarya Sempana, yaitu ‘Senayan Square Project’, yang terdiri dari apartemen Plaza Senayan, mall Plaza Senayan dan pusat perkantoran Sentral Senayan. Menurut Bapak Shuichi, Senayan Square memiliki konsep pengembangan mix use, yakni menggabungkan kawasan hunian dan kawasan bisnis (living zone and business zone) serta menargetkan pasar masyarakat kalangan menengah hingga kalangan atas. Melalui proyek ini, Beliau mempunyai visi menjadikan Senayan Square sebagai pusat belanja dan properti berstandar operasi internasional.

Bapak Shuichi juga membagi wawasannya mengenai dunia bisnis. Berbicara bisnis, Beliau menggarisbawahi beberapa hal, seperti pemilihan daerah yang strategis. Seumpama proyek Senayan Square yang berlokasi di selatan kawasan pusat bisnis ‘segitiga emas’ (golden triangle) dari pusat kota Jakarta, berdekatan dengan sarana olahraga (Gelora Bung Karno), serta dikelilingi akan lingkungan hijau. Kemudian Beliau menjelaskan mengenai strategi manajemen yang dimiliki PT. Senayan Trikarya Sempana, sebagaimana perhitungan statistik detail mengenai aktivitas ekonomi bahkan jumlah mobil yang masuk pun dihitung secara mandiri guna memantau presentase bisnis yang sehat. Selain itu, hubungan baik dengan pihak-pihak seperti pemerintah, dimana PT. Senayan Trikarya Sempana dipercayakan untuk hal pembangunan serta pengelolaan, dengan mitra bisnis atas kerjasama yang diberikan, hingga dengan serikat pekerja sebagai motor penggerak bisnis ini. (Yuthasima Rangan)

1 (1) (1024x683) 1 (2) (683x1024)1 (3) (1024x683) 1 (4) (1024x683) 1 (5) (1024x683) 1 (6) (1024x683) 1 (7) (1024x683)

 

Back To Top