skip to Main Content

Sastra Arab UAI Dapatkan Lisensi Pelatihan Dosen Bahasa Arab

Upaya penyebarluasan dan penguatan kapasitas bahasa Arab di dunia internasional semakin meningkat, terutama di level perguruan tinggi. Hal itu ditandai antara lain dengan meluasnya jaringan kerja peningkatan kualifikasi dosen bahasa Arab di perguruan tinggi. Tidak hanya dituntut mampu mengajarkan bahasa Arab bagi mahasiswanya, dosen bahasa Arab di Indonesia dituntut pula untuk memberikan pelatihan pengajaran bahasa Arab bagi penutur bahasa Indonesia sendiri.

Langkah itu telah ditempuh oleh Program Studi Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Al Azhar Indonesia, dengan mengikuti Pelatihan Pengajaran Bahasa Arab bagi Penutur Asing. Kegiatan tersebut diadakan di Universitas Muhammadiyah Malang, mulai tanggal 13 sampai dengan 17 Januari 2014. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang dosen bahasa Arab dari 22 perguruan tinggi Islam swasta yang berada di bawah naungan Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS-PTIS).

Dalam pembukaan acara, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang selaku Ketua BKS-PTIS menekankan pentingnya kedudukan dan pengajaran bahasa Arab di perguruan tinggi Islam swasta. Oleh karena itu, pelatihan ini penting untuk meningkatkan kemampuan dosen bahasa Arab agar dapat memberdayakan bahasa Arab lebih maksimal di institusinya masing-masing.

Pelatihan ini berisi materi tentang pengenalan aspek bahasa dan metodologi pengajarannya bagi penutur non-Arab. Dibanding pelatihan lainnya, pelatihan yang dikelola langsung oleh lembaga “Al-Arabiyya lil-Jami’” dari Riyadh, Arab Saudi ini sangat efektif dan fungsional karena bertujuan mengenalkan sisi-sisi praktis dari pengajaran bahasa Arab secara terstruktur dan praktis. Alhasil, dosen yang bukan berlatar belakang pendidikan bahasa Arab sekalipun dapat merasakan kegunaannya dan langsung bisa mempraktikkan cara mengajar sesuai standar dan prosedur yang berlaku dalam metode ini.

Setelah mengikuti 30 jam pelatihan yang diawali dan diakhiri dengan tes kemampuan bahasa Arab dan penguasaan metodologi, Prodi Sastra Arab UAI berhasil meraih rangking keempat terbaik dan berhak mendapatkan lisensi kepelatihan pengajaran bahasa Arab untuk penutur non-Arab di Indonesia. Diharapkan pelatihan serupa dapat diadakan di UAI untuk mitra-mitra dosen bahasa Arab dari perguruan tinggi Islam swasta lainnya di wilayah Jadebotabek dan juga guru-guru bahasa Arab di lingkungan Sekolah Islam Al-Azhar. (NHZ)

20140117_112353-edited-1280x1037-1024x829 20140117_112317-edited-1280x942-1024x753 20140117_091456-1280x720-1024x576

Back To Top